Kamis, 18 Desember 2014

Gejala Radang Sendi Osteoarthritis

 Awal pertama terserang OA dulu ,gejala yang nampak adalah rasa nyeri pada kaki terutama pada sendi lutut. Sendi terasa kaku dan nyeri saya rasakan pada waktu pagi hari terutama setelah bangun tidur, melakukan gerakan tertentu dan kadang rasa nyeri timbul hanya di karenakan istirahat atau berdiam diri terlalu lama, misalnya duduk di kursi.

Gejala yang nampak jelas bila OA menyerang adalah dengan adanya pembengkakan pada persendian, persendian berwarana kemerah merahan dan bahkan bila sendi lutut saya gerakkan timbul bunyi " krek" semacam ada gesekan pada ujung tulang. Selain itu OA bisa juga di sebabkan karena riwayat imobilisasi atau kurangnya gerak tubuh seperti riwayat saya dulu setelah melakukan operasi pada kaki, saya tidak banyak bergerak karena takut cidera.


Hal hal Yang Perlu di Perhatikan Pada Penderita Osteoarthritis


. Lakukan latihan fisik ringan. Latihan fisik dapat membantu sendi tetap lentur,otot di sekitar sendi menjadi kuat,serta tulang rawan sendi dan tulang menjadi lebih sehat dan kuat.Nyeri juga dapat berkurang.

. Latihan yang di anjurkan secara rutin adalah jalan kaki, berenang, bersepeda dan latihan peregangan otot.

. Jangan melakukan olah raga yang berat seperti lari, atau senam aerobik atau olah raga yang membebani pada tulang secara berlebih.

. Berjemur di bawah sinar matahari pagi juga akan terasa nyaman pada tubuh dan pada daerah persendian.

. Hindari duduk dalam jangka waktu yang lama, apalagi posisi duduk yang salah, misal duduk di kursi yang jarak antara lantai dan sendi lutut terlalu tinggi atau terlalu pendek dan jarak antara penyangga kursi belakang dengan tubuh bagian belakang terlalu jauh.

. Yang pernah saya rasakan tidur pada  posisi tertentu terlalu lama juga membuat sendi tidak nyaman begitu juga tidur di tempat tidur yang terlalu empuk.

- Jika memakai sepatu atau alas kaki pilihlah yang alasnya sesuai kontruksi telapak kaki.

- Kalau bisa hindari mandi dengan air dingin di malam hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar